Sabtu, 02 Juni 2018

BI Meyakini Batik Basurek akan Dongkrak Ekonomi Bengkulu

BI Yakin Batik Basurek akan Dongkrak Ekonomi Bengkulu
BI Meyakini Batik Basurek akan Dongkrak Ekonomi Bengkulu


Zona Kabar – Dalam upaya meningkatkan perkembangan ekonomi Bengkulu, Bank Indonesia melauncing Galeri Batik Besurek Canting Mas, Rabu (30/5) di Kelurahan Anggut Atas Kecamatan Ratu Samban Bengkulu.

Terkait Batik Basurek, Direktur Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang kurnia meyakini Batik Basurek mampu mengembangkan percepatan ekonomi Bengkulu.

“Ini merupakan salah satu pilar Bank Indonesia untuk mengembangkan ekonomi melalui Batik Basurek dari sisi orisinalitas, karena Batik Basurek merupakan hasil produksi Bengkulu,” Ujar Endang Kurnia.

Dijelaskan Endang, Batik basurek mampu menjadi faktor percepatan ekonomi Bengkulu lantaran batik basurek telah di promosikan ditingkat nasional saat gelar pameran karya kreatif Indonesia di Jakarta.

Selain itu, batik basurek juga telah dikenal oleh desainer dan artis Indonesia seperti Kusnaidi dan Samuel Watimena bahkan oleh ibu negara Iriana Jokowi, Istri Jusuf Kalla dan Menteri Pekerjaan Umum.

“Semoga Batik Besurek khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab dengan ciri khas kaligrafi perpaduan bunga rafflesia sebagai motifnya, yang merupakan simbol khas Bengkulu lebih dikenal di kanca internasional dan manca negara,” paparnya.

Ditambahkan Endang, Asal usul Batik Besurek berawal dari penggunaan motif bertuliskan kaligrafi Arab. Besurek merupakan bahasa Melayu dialek Bengkulu yang artinya bersurat atau tulisan.

Kain Besurek berasal dari dua kata, yaitu Kain dan Besurek. Besurek berasal dari dua kata, yaitu be(r) yang artinya mempunyai atau memiliki, dan surek yang artinya surat atau tulisan. Jadi, kain besurek artinya kain yang memiliki tulisan atau surat. Batik besurek sendiri ontentik orang Bengkulu dengan corak yang menggambarkan budaya Bengkulu

“hal ini yang harus kita angkat sampai ketingkat Level Nasional dan kita akan melakukan pembinaan kepada para pengrajin batik basurek,” tandasnya.

Launching ini dihadiri oleh Direktur Utama Bank Indonesia, Endang Kurnia S. Kadis Disperindag Ibu. Hj. Dewi Darma, Kadis Koperasi UKM, H. Muslih, Z. [Ardiyanto]

Artikel ini telah terbit di>> pedomanbengkulu.com, dengan Judul: BI Yakin Batik Basurek akan Dongkrak Ekonomi 

Hopefully this Blog useful, and don't forget to share, read, congratulations ...


EmoticonEmoticon